Anda Ingin Sukses Jualan Online? Ikuti 7 Langkah Sukses Jualan Online Ini

Anda Ingin Sukses Jualan Online? Ikuti 7 Langkah Sukses Jualan Online Ini

Jualan online adalah salah satu cara termudah bagi Anda yang ingin jualan atau memulai usaha dengan jangkauaan pelanggan tanpa batas. Namun agar julanan online Anda sukses, berikut ini saya bagikan 7 langkah sukses jualan online yang bisa Anda lakukan.

Sebelumnya Anda juga perlu ketahui bahwa ada dasar pondasi untuk sukses bisnis online yaitu 80 persen mindset  dan 20 persen skill & knowledge.

Ubah mindset Anda:

  1. Tanamkan di pikiran kita layak untuk sukses
  2. Jangan biarkan kegagalan masa lalu untuk menentukan masa depan anda. Karna yg anda lakukan hari ini yg mampu mengubah masa depan anda
  3. Tentukan goal / mimpi yg jelas. 
  4. Selalu berfikir positive
  5. Siap untuk kerja keras dan kerja cerdas
  6. Konsisten dan sabar
  7. Fokus buat progress dgn sukses2 kecil. Dgn sukses2 kecil yg bisa di raih kita semakin semangat mengejar proses untuk sukses yg besar nantinya
  8. Miliki mentor
  9. Miliki komunitas yg bisa mendukung keberhasilan kita


Sesi knowledge
Mengapa jualan online?

  1. Karena saat ini teknologi menunjang ke arah itu. Hidup kita dari lahir sampai mati itu kegiatannya belanja / beli barang.
  2. Sistem dagang ( beli rendah jual ambil keuntungan) merupakan jenis bisnis yang mudah dilakukan. Tidak perlu menciptakan sesuatu.
  3. arket indonesia konsumtif dan saat ini baru berkembang mengenal belanja online

Nah setelah Anda tahu tentang mindset dan knowledge, langsung saja berikut ini saya share artikel tentang 7 langkah sukses berjualan online:


  1. Memilih produk yg dicari dan dibeli orang
  2. Memukan supplier produk yg bagus dan murah
  3. Buat toko online yang spesifik niche tapi high conversion
  4. Tentukan tempat jualan yang tepat
  5. Lakukan strategi promosi yg efektif di tempat jualan. Karna beda tempat beda cara promosi
  6. Handle & proses order yang masuk
  7. Riset dan tambahkan produk berikutnya & promosikan (ulangi langkah-langkah tersebut)


Pembahasan 7 Langkah Sukses  Jualan Online

1. Produk yg dicari dan di beli.
Akan jauh lebih mudah menjual barang yg ingin dibeli orang ketimbang menjual barang yg ingin anda jual.
Step A. temukan dulu ide produk. Produk yg unik dan tidak mudah didapatkan di toko/ supermarket / mall.
Step B. Riset kriteria produk yg tepat.
- Produk banyak dicari di google ( lebih dari 300 pencarian perbulan)
Bisa diriset dgn google keyword planer
- produk banyak terjual di marketplace ( ada jenis produk yg tidak banyak dicari tetapi kalau dilihat menimbulkan rasa untuk membeli / impulse buying produk. Untuk meriset bisa di cek di tokopedia/bukalapak kalau banyak terjual bisa anda pertimbangkan)
- produk banyak di bicarakan di sosial media (produk yg sedang banyak di minati dan bicarakan di sosial media)
Kalau produk anda tidak ada satupun terpenuhi dari salah satu kriteria diatas sebaiknya coret. karena belum terbukti laku tidak nya.

2. Temukan supplier yg bagus, murah dan berkualitas.
Untuk online bisa di marketplace. Untuk offline bisa di market pusat grosir lokal

3. Buat toko online anda. 
Mengapa harus bikin website? Karena tujuan kita membangun aset kita sendiri. Boleh jual di marketplace/fb/IG tetapi tetap harus bikin toko online anda sendiri. Bikin website anda yang jual spesifik niche. Goal kita tidak bikin website yang cantik tetapi bikin wesite yang high conversion.

4. Tentukan tempat jualan yg tepat. 
Tempat paling ramai di internet untuk jualan adalah:
a. Search engine google.
B. Social media fb dan ig.
C. Marketplace.
Step ini harus disesuaikan dgn kriteria produk yg anda jual. Kembali ke pembahasan kriteria diatas. Kalau produk banyak dicari di google. Ya fokus anda berjualan di google SEO/adword. Kalau banyak di minati dan dibicarakan di sosial media ya fokus di sana. Dan kalau produk tidak memenuhi kedua kriteria itu dan posisi anda partai besar / pabrik/ importir fokus jual di marketplace lebih efisien karna akn menarik banyak reseller.

5. Lakukan strategi yg efektif di tempat jualan anda. 
Lain tempat lain strateginya. Free / paid? Sebaiknya bayar karna kita berbisnis. Akan lebih baik keluar uang tp proses nya cepet dari pada gratisan tp lambat dan menghabiskan banyak waktu.

Fokus kita berbisnis adalah membuat mesin traffic yg menggenerate sales nonstop. Contoh Di google yg organik bisa dengan SEO (gratis tp butuh waktu) yang berbayar adword. Saat ini anda bayar sudah pasti muncul di pencarian google.

Yang berbayar lebih faster testing / faster result. Untuk test produk laku / tidak lebih dianjurkan iklan berbayar. Akan sangat bagus jika anda bisa padukan keduanya (gratis dan paid)
Contoh di sosial media disini anda bisa menjual produk yg belum di kenal atau tidak dicari di seach engine. Keunggulan di sosial media lebih leluasa main harga karna di google banyak penjual selain anda. di sosial media hanya anda yg dilihat.

Di facebook juga ada organik gratis dan berbayar (fb ads). Yang lebih dianjurkan adalah yang berbayar. Metode jualan bisa pakai fb fanspage / website toko online. Di fb pastikan produk nya tepat. Text penjelasan yang tepat, image/video yg tepat, diperlihatkan untuk audienst / target user yg tepat. Contoh marketplace bisa jual di tokopedia bukalapak shope dll.

6. Handle dan proses order yg masuk. 
Pelajari knowledge produk, belajar cara closing, cara follow up, handling komplain. Belajar menghadapi customer dengan sabar,karena di indonesia masih suka jual beli dengan cara manual.

7. Langkah terakhir ulangi langkah untuk produk yang lain.

Silahkan dipraktekkan ya. 
NB: Bagi Anda yang ingin belajar membuat toko online, belajar SEO dan belajar membuat blog yang menghasilkan, silahkan daftar kursus website saja. Terbatas untuk yang serius ingin sukses saja.

Share this:

Related Posts